ESSAY

Writer / NIM
FADLY AHMAD FAJAR KADENGKANG / 221410139
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstract
ABSTRAK Fadly A. F Kadengkang, 2016. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Model Pembelajaran Cooperative Script di Kelas VIII Smp Negeri 2 Paguyaman.Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si dan Pembimbing II : Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIII SMP N 2 Paguyaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan sampel penelitian berjumlah 39 orang siswa kelas VIII SMP N 2 Paguyaman. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan model Cooperative Script dilakaukan melalui satu siklus yang terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan cara menumbuhkan rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapat melalui model pembelajaran Cooperative Script mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat. Hal ini terlihat dari meningkatnya keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat yakni dari 0% (observasi awal), meningkat menjadi 5,12% (pertemuan pertama), 15,38% (pertemuan kedua) dan 48,71% (pertemuan ketiga). Kata Kunci : Rasa Percaya Diri, Cooperative Script, Peningkatan Kemampuan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011