ESSAY

Writer / NIM
WIRAWAN G. MASUARA / 221410153
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK WIRAWAN G. MASUARA, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended Problem) di Kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau Kec. Biau Kab. Buol. Skripsi. Pembimbing I : Hj. Maisara Sunge, SH. MH. Pembimbing II : Asmun W. Wantu, S.Pd,M.Sc. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Problem di kelas VIII-B Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Open Ended Problem. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-B yang berjumlah 30 orang terdiri dari laki-laki berjumlah 17 orang siswa dan perempuan berjumlah 18 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama yaitu hasil belajar siswa mencapai 63,33% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.00%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Problem maka hasil belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas VIII-B SMP Negeri 1 Biau, Kecamatan Biau, Kota Buol. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Open Ended Problem.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011