ESSAY

Writer / NIM
SAFRAN KASIM / 221410154
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
ABSTRAK Safran kasim. 2017. Akuntabilitas Kepala Sekolah Pada Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Di Sma Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo Skripsi pada Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Rumusan masalah penelitian ini yaitu; Bagaimana akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo, faktor-faktor apa yang mempengaruhi akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo dan upaya apa saja yang dilakukan Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi profesional guru dan mengetahui upaya-upaya apa yang dilakukan Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi Profesional Guru di SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas Kepala Sekolah pada pengembangan kompetensi profesional guru dilaksanakan dengan cara mengembangkan kompetensi guru merencanakan, melaksanakan pembelajaran kompetensi guru dalam mengevaluasi hasil pembelajaran. Terdapat yang mempengaruhi akuntabilitas kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yaitu faktor kemampuan guru itu sendiri, faktor pergantian kurikulum, faktor sarana dan prasarana pendukung Upaya-upaya yang dilakukan guru dalam akuntabilitas pengemabngan kompetensi profesional guru yaitu menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi, Menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi guru melaksanakan pembelajaran berupa kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir pembelajaran dan Menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi guru melaksanakan evaluasi pembelajaran berupa teknik penyusunan, teknik pelaksanaan dan teknik evaluasi pembelajaran. Kesimpulan akhir dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Paguyaman Kabupaten Boalemo telah memiliki akuntanbilitas dalam pengembangan kompetensi profesional guru. Keyword : Akuntabilitas, Kompetensi Profesional Guru
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011