ESSAY

Writer / NIM
LIA SEPTIANY MUTIARA / 221410170
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Keterampilan Pengelolaan Kelas dalam pembelajaran PKn bagi guru di SMP Negeri 11 Kelurahan Tamalate Kec. Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengembangkan penerapan keterampilan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penulis berusaha menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII d. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data dalam penelitian ini adalah pengamatan dan wawancara. Strategi pengelolaan kelas bukan hanya ditujukan untuk perubahan siswa namun meningkatkan kesadaran diri sebagai guru. Faktor-faktor pengelolaan kelas yang bersifat pencegahan belum dapat dimaksimalkan oleh guru. faktor instrumen sebagai pelengkap proses pembelajaran berupa penggunaan media pembelajaran jarang digunakan dan diaplikasikan oleh guru di dalam proses pembelajaran.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan pengelolaan kelas di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo belum diterapkan secara maksimal. Terampilnya guru dalam mengelola kelas tergantung pada kesadaran guru itu sendiri agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Keterampilan, Pengelolaan Kelas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011