ESSAY

Writer / NIM
HASMIN HUSAIN / 221410233
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract

ABSTRAKHasmin Husain. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Tentang Tokoh Pahlawan Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo.Rumusan masalah dalam peneitian ini adalah Apakah dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang tokoh pahlawan melalui metode bermain peran di Kelas IV SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode bermain peran. Pengambilan data diambil dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yakni pada siklus I pertemuan ke II rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni adalah 40 % yang mencapai kriteria sangat baik dan kriteria baik dan pada akhir siklus I pertemuan III jumlah tersebut terus meningkat, menjadi 86 %. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran maka dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 10 Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo.Kata Kunci: Minat Belajar Siswa, Metode Bermain Peran

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011