ESSAY

Writer / NIM
FATRIANTI ISMAIL / 221410238
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Abstract

ABSTRAKFatrianti Ismail “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran PKnMelalui Model Pembelajaran Jigsaw Di SDN 10 Tolangohula. Tugas Akhir SIPKn Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial UniversitasNegeri GorontaloRumusan masalah penelitian ini adalah Apakah Dengan MenggunakanModel Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran PKn di Kelas VI SDN 10 Tolangohula KecamatanTolangohula,Kabupaten Gorontalo tahun 2013. Tujuan penelitian untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui modelpembelajaran jigsaw di kelas VI SDN 1 Binajaya.penelitian ini diharapkan dapatbrmanfaat bagi guru, sekolah , siswa dan peneliti sendiri.Adapun subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SDN 1Binajaya yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah yang menjadisubjek tindakan sebanya 20 orang. Metode adalah penelitian tindakan kelas yangdilaksanankan dalam satu siklus dua kali pertemuan meliputi tahap persiapan,pelaksanaan tindakan, evaluasai analisis dan refleksi.Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkanbahwa Pembelajaran materi Peran Indonesia di kawasan Asia tenggara yangmenggunakan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas VI SDN 10 Tolangohula tahun Ajaran 2013/2014. Dari analisis datahasil belajar siswa pada siklus I menjukkan bahwa 20 orang yang siswa yangdikenakan tindakan, 14 orang siswa atau 70% yang dinyatakan mencapai nilai 65ke atas. Jumlah dan presentase ini meningkat pada siklus I pertemuan 2, dari 20orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 siswa atau 90% memperoleh nilai 65keatas.Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Jigsaw

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011