ESSAY

Writer / NIM
LINDA LESTARI / 221410243
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Abstract

ABSTRAKLinda Lestari. 221410243. Efektivitas Pelaksanaan Pakem pada Pembelajaran PKn di SD Negeri I Monosari Kabupaten Boalemo. Di Bimbing oleh Bapak Welly Pangayow dan Ibu Maisara Sunge.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari dan untuk mengetahui Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAIKEM pada pembelajaran PKn di SDN 4 Wonosari Kecamatan  Wonosari.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 01 Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Jenis penelitian adalah kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan daftar wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Model Pembelajaran Aktif Krearif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) merupakan pendekatan belajar mengajar yang tepat digunakan pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari karena model ini dapat melibatkan beberapa mata pelajaran memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Dalam pembelajaran PKn siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari dapat diperlihatkan dengan berbagai kegiatan yang terjadi selama proses pembelajaran seperti membuat formasi bangku siswa lebih bernuansa lingkaran yang memungkinkan siswa dapat berinterkasi dengan teman untuk membahas mata pelajaran. Selain itu, ruangan kelas juga sudah dilengkapi dengan berbagai alat peraga. Tapi disisi lain menunjukkan kemampuan yang perlu dikuasai guru untuk menciptakan keadaan yang lebih menyenangkan. (2) Terdapat beberapa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pelaksanaan PAKEM pada pembelajaran PKn di SDN 01 Wonosari Kecamatan  Wonosari. Antara lain (1) guru telah Memahami sifat yang dimiliki anak yaitu dengan cara mendorong siswa untuk menemukan caranya sendiri dalam pemecahan masalah dan untuk mengungkapkan gagasannya, serta melibatkan mereka dalam lingkungan sekolahnya. (2) guru telah Mengenal karakteristik anak secara individual ini dapat dilihat dari beragamnya pendekatan pembelajaran yang diberikan (3) Pengorganisasian belajar sesuai dengan perilaku anak juga sudah baik dengan membagi dalam beberap kelompok belajar. Akan tetapi terdapat beberapa hal yang perlu tingkatkan seperti (3) Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalahmmasih kurang, Kebanyak siswa masih pasif pada saat diberikan pertanyaan atau jawabannya  sangat singkat. (4) kurangnya pengembangan ruang kelas belajar yang menarik.Kata Kunci: Pelaksanaan PAKEM, Pembelajaran PKn

Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011