ESSAY

Writer / NIM
JAFAR KAULO / 221411027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Jafar Kaulo. 2015. Nim. 221 411 027. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Melalui Model Reciprocal Learning Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo masih rendah khususnya pada kelas VIII-8, hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa yang masih di bawah kriteria ketuntasan minimal. Apakah dengan mengggunakan model pembelajaran reciprocal learning bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-8 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mmeningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Model pembelajaran yang dipakai pada penelitian ini adalah Reciprocal Learning. Hasil penelitian menemukan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I (pertemuan pertama) dengan persentase 45% atau sekitar 14 dari 31 siswa yang aktif dalam proses pembelajaran tetapi belum mencapai indikator ketuntasan yang telah ditetapkan. Dan dilanjutkan ke siklus I (pertemuan kedua) dengan persentase 84% atau sekitar 26 dari 31 siswa aktivitas belajar siswa meningkat, sehingga indikator ketuntasan telah tercapai. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal learning pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar yang sangat memuaskan. KATA KUNCI: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran Reciprocal Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011