ESSAY

Writer / NIM
ELEN SULUTA / 221411032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Elen Suluta, Nim 221411032, Judul Skripsi Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengatasi Rendahnya Disiplin Siswa Di SMA Negeri 1 Bongomeme. Jurusan S1 Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah Bimbingan Drs. H. Sukarman kamuli, M.Si sebagai pembimbing I dan Rasyid Yunus, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa SMA Negeri 1 Bongomeme. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam mencegah rendahnya disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Bongomeme. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Teknik pengumpulan data dengan observasi lapangan dan wawancara. Teknik analisis data dengan tiga proses yakni Reduksi Data, Sajian Data dan Kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dapat mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa di sekolah SMA Negeri 1 Bongmeme. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru tidak mampu mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa, Sesuai dengan prosedur dalam peningkatan mutu pendidikan, akan tetapi masih ada peran guru pendidikan kewarganegaran dalam mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa, yang harus di tingkatkan oleh seorang di antaranya yaitu :pertama Peran guru sebagai contoh dalam sekolah guru hendaknya senantiasa menguasai tingka laku siswa atau siafat yang berada pada siswa tersebut agar siswa tidak ada yang telat datang sekolah atau pada sat pemebelajar belangsung kepada siswa. Kedua. Masih banyak siswa yang kurang disiplin dalam belajar yang ditandai dengan, Siswa sering keluar masuk kelas saat jam pelajaran dimulai tanpa meminta izin kepada guru bersangkutan, siswa tidak menghargai guru mata pelajaran yang sedang mengajar, siswa juga sering terlambat masuk kelas saat jam pelajaran dimulai, mengumpulkan tugas tidak tepat waktu dan ada ajakan dari teman sepermainannya sehingga siswa tersebut tidak mengikuti proses belajar mengajar, dari masalah inilah siswa mengalami rendahnya disiplin belajar hal ini akan berpengaruh kepada nilai mereka.Memperhatikan kondisi tersebut, maka menjadi ketertarikan tersendiri bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengatasi rendahnya disiplin belajar siswa. Pertimbangan ini dilakukan mengingat disiplin belajar siswa sangat perlu ditingkatkan demi menunjang cita-cita dan nama baik bagi sekolah. Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011