ESSAY

Writer / NIM
AGUS PAKAYA / 221411039
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-YUSRA GORONTALO Agus Pakaya * Asmun W. Wantu,, **Rasid Yunus ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa di Madrasah Tsanawiyah AL-Yusra Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Role Playing. Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama diperoleh sebesar 65% yaitu 11 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya pada pertemuan kedua mendapatkan 94,11% yaitu 16 siswa yang tuntas. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Role Playing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011