ESSAY

Writer / NIM
AMIR NUKI / 221411044
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Amir Nuki. 2016. 221411044. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tive Make a Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di Sekolah SMP Negeri 9 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd sebagai dosen pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini rendah dalam pembelajaran PPKn di SMP Negeri 9 Gorontalo khususnya pada kelas VII (tujuh). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tive make a match di SMP Negeri 9 Gorontalo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Gorontalo. Hasil penelitian menggunakan bahwa presentase siswa mencapai kategori sangat baik (SB) berjumlah 6 orang atau 22%, siswa yang mencapai kategori baik (B) berjumlah 18 orang atau 64%, siswa yang mencapai kategori cukup (C) berjumlah 4 orang atau 14% selanjutnya tidak ada siswa yang yang mencapai kategori kurang (K). Ketuntasan 86%. Dan dinyatakan berhasil dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tive make a match. Di SMP Negeri 9 Gorontalo. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tive make a match pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan pemahaman siswa yang sangat memuaskan. KATA KUNCI: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Kooperetive Make a Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011