ESSAY

Writer / NIM
SRI FATRIYANTI PUABENGGA / 221411080
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
ABSTRAK Sri F. Puabengga. 22111080. âKreativitas Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 4 Gorontalo.â Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan Hj. Maisara Sunge, S.H,M.H dan Dr. H. Sukarman Kamuli M.Si Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn di SMP Negeri 4 Gorontalo dan Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kreativitas guru di SMP Negeri 4 Gorontalo. Dengan fokus penelitian yaitu kreativitas guru dalam kegiatan belajar-mengajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pelajaran PPKn dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Gorontalo masih kurang. Hal ini di buktikan dengan belum terpenuhinya aspek-aspek yang harus dimiliki oleh guru kreativ. Guru kreativ harus memiliki ciri-ciri khusus yaitu: 1) Mampu menciptakan ide baru; 2) Tampil beda; 3) Fleksibel; 4) Mudah bergaul; 5) Menyenangkan; 6) Suka melakukan eksperimen; 7) Cekatan. Setelah dilakukan penelitian berupa wawancara dengan guru bidang studi PPKn di SMP Negeri 4 Gorontalo ternyata dari ketujuh aspek tersebut ada dua aspek yang belum terpenuhi yaitu guru mampu menciptakan ide baru dan aspek guru suka melakukan eksperimen. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru diantaranya adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi keterbukaan, evaluasi internal, dan kemampuan berekspresi. Faktor eksternal meliputi faktor lingkungan, yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kata kunci : Kreativitas guru, motivasi belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011