ESSAY

Writer / NIM
FARHAN ALI / 221411147
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Farhan Ali. 221 411 147. Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode pembelajaran the learning celldi kelas x jasa boga pada smk negeri 2 gorontalo.". Skripsi Program Studi S1 Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo, di bimbingan oleh Ibu Asmun Wantu S. Pd, M. Sc dan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu M. Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran the learning cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas x jasa boga pada SMK Negeri 2 Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran The Learning Cell dengan materi bela negara pada pelajaran PPKn di SMK Negeri 2 Gorontalo Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran The learning cell. Pada observasi awal untuk meningkatan hasil belajar siswa dari 29 orang yang masuk dalam kategori ketuntasan hanya terdiri dari 11 orang siswa ( 37,93%) sedangkan selain dari itu, sekitar 18 orang siswa (62,06%) yang tidak termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada tindakan siklus I pertemuan ke-1 kriteria baik rata- rata 20 orang atau 68,96%. Kemudian dilanjutkan pada siklus I pertemuan ke-2 jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik yaitu 24 orang (82,2%) dari 29 orag siswa, kemudian dilanjutkan pada siklus 1 pertemuan ke tiga jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada kriteria baik itu sudah 100%. Ternyata hasil yang diperoleh telah sesuai dengan indikator keberhasilan minimal terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yaitu 29 orang atau 100 % , dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi "Jika dalam pembelajaran PPKn guru menggunakan metode pembelajaran The learning cell, maka hasil belajar siswa kelas X Jasa BogaSMK N 2 Gorontalo akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Hasil Belajar siswa, Metode Pembelajaran The Learning Cell
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011