ESSAY

Writer / NIM
RUDY ROBERT RORIMPANDEI / 221411154
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. SASTRO M WANTU, SH., M.Si / 0003096605
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
RUDI R. RORIMPANDEI, 2014, Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Taluditi (Pembimbing Dr. Sastro M. Wantu, SH, M.Si and Roni Lukum, S.Pd, M.Sc). Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui baik atau tidaknya penggunaan strategi konstruktivisme meningkatkan kreativitas siswa di kelas VIII SMP Negeri 1Taluditi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang diterapkan pada siklus I dan siklus II. Subjek penelitian yang diteliti adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Taluditi tahun akademik. Untuk itu, siswa yang ditetapkan sebagai obyek penelitian adalah kelas VIII B yang terdiri dari 26 siswa dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Test dan Observasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan strategi konstruktivisme dapat meningkatkan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I hanya 30,8% yang tidak mencukupi pada standar KKM. Jadi peneliti melanjutkan ke siklus II, hasil belajar siswa pada siklus ini yaitu 92,31% yang menunjukkan pencapaian standar KKM 70. Oleh karena itu strategi ini terbukti adanya kemajuan aktivitas siswa yang positif mulai dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis yang dilihat dari strategi konstruktivisme meningkatkan kreativitas siswa efektif dan penelitian ini memiliki suatu tujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mencari sendiri pertanyaannya guna lebih menekankan pada proses pembelajaran bagaimana bertatap muka dalam belajar. Dalam penggunaan metode ini, siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 4 siswa setiap kelompok dan memberikan sebuah wacana untuk membuatkan/merumuskan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Mereka menganalisis dan menjawab sendiri pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian membuat ringkasan dan menyampaikannya kepada yang lain dengan memasukkan ide-ide pokoknya.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011