ESSAY

Writer / NIM
RIZAL NUR / 221411158
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
Rizal Nur. 2013. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Groub Investigation (GI) Di Kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan model Groub Investigation (GI) minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi pada pelajaran PKn akan meningkat? tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PKn melalui model pembelajaran Group Investigasi (GI) di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa terjadi terjadi peningkatan hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Wanggarasi setelah diterapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi ideologi negara. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I pertemuan pertama kegiatan pembelajaran melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus I pertemuan kedua, maka hasil belajar siswa meningkat, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Minat Belajar dan Model Group Investigation (GI)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011