ESSAY

Writer / NIM
ALWIN MATOKA / 221411159
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
Alwin Matoka, 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Bela Negara Di Kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Pembimbing I, Ibu Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc dan pembimbing II Ibu Hj. Maisara Sunge, SH, MH. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal yang diperoleh oleh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Wanggarasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pemahaman siswa terhadap materi Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara belum mencapai indikator kinerja. Dari 14 siswa ada 8 orang atau 57,14% yang memperoleh nilai ketuntasan 65 ke atas dan 6 orang atau 42,86% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Sedangkan pada siklus II ada dari 14 siswa, 12 orang atau 85,75% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 2 orang atau 14,28% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja dan telah mencapai persentase ideal yaitu antara 80% - 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, kemampuan siswa tentang Hak dan Kewajiban Warga Negara dalam Bela Negara pada siswa kelas IX SMPN 2 Wanggarasi meningkat.Dan hipotesis tindakan yang menyatakan "apabila penerapan strategi pembelajaran kontekstual dapat berjalan efekltif, maka pemahaman siswa akan meningkat" dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Siswa dan Metode Tanya Jawab
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011