ESSAY

Writer / NIM
KARTIN ISMAIL / 221411160
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
Kartin Ismail, Nim : 221 411 160 "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together di Kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato", Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Program Studi PKn Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Welly Pangayow, M.Si, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Udin Hamin, S.Pd, SH, M.Si. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Numbered Heads together dalam meningkatkan hasil siswa pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato yang berjumlah 30 orang dan usia rata - rata 12 tahun. Analisis data dilakukan melalui analisis terhadap hasil Observasi dan hasilnya digunakan untuk merepleksi diri apakah anak sudah meningkat hasil belajarnya, hasil analisis ini akan digunakan untuk merencanakan tindakan pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata - rata persentase jumlah siswa yang memprihatinkan hasil belajar yang diharapkan, seperti yang nampak pada pertemuan 1 > 3 %. Siswa yang mempunyai hasil belajar yang baik dan pada pertemuan II mencapai 86%. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 86% atau 26 orang dari 30 siswa sudah mempunyai nilai di atas 70. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yakni" jika dalam proses pembelajaran digunakan model pembelajaran numbered heads together, maka hasil belajar siswa pada materi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Inpres Patuhu Kecamatan Randangan akan meningkat" teruji kebenarannya. Kata Kunci : Numbered Heads Together Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011