ESSAY

Writer / NIM
SUNARTI HUSAIN ISMAIL / 221411161
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
Sunarti Husain Ismail. 2014. "Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Wanggarasi Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Norma dan Implementasinya Bidang Studi Pendidikan Kewarganegaraan". Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Sukarman Kamuli, M.Si dan Pembimbing II Prof. Welly Pangayow, Ph.D Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi norma dan implementasinya pada bidang studi PKn di kelas VII SMPN 2 Wanggarasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa terhadap materi norma dan implementasinya pada bidang studi PKn di kelas VII SMPN 2 Wanggarasi melalui model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Wanggarasi. Setiap siklus dilakukan dalam bentuk siklus melalui 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktifitas belajar siswa terhadap norma dan implementasinya belum mencapai indikator kinerja. Dari 12 siswa ada 4 orang atau 33,3% yang memperoleh nilai ketuntasan minimal 65 ke atas dan 8 orang atau 66,7% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Sedangkan pada siklus II ada 12 orang atau 100% yang memperoleh nilai minimal 65 ke atas dan 0 orang atau 0% yang memperoleh nilai ketuntasan di bawah 65 ke atas. Dengan melihat capaian tindakan yang diperoleh pada siklus II sudah sesuai dengan indikator kinerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning, kemampuan meningkatkan aktifitas belajar siswa tentang norma dan implementasinya pada siswa kelas VII SMPN 2 Wanggarasi meningkat. Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Norma
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011