ESSAY

Writer / NIM
RATNA MODJO / 221411163
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
RATNA MODJO NIM 221411163 2013. Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Negeri 3 Randangan Satap. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo di bawah bimbingan Dr. Sukarman Kamuli, M.Si dan Dr. Udin Hamim, S.Pd, SH, M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah tentang nilai hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang memuaskan, hal ini tampak pada nilai hasil belajar peserta didik di bawah KKM mencapai 75%. Oleh karena itu guru harus mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu alternatifnya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples meningkatkan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randangan Satap Kabupaten Pohuwato tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 23 orang terdiri dari 8 orang peserta didik laki-laki dan 15 orang peserta didik perempuan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh peseta didik yang mencapai standar KKM ada 8 orang (34,78%) peserta didik lainnya belum mencapai KKM ada 15 orang (65,21%) dengan rerata nilai akhir pada siklus I adalah 69,67 dan rerata nilai akhir pada siklus II peserta didik 79,8% telah mencapai KKM dengan rerata nilai 86,96. Hal tersebut menunjukan sesuai KKM yang telah ditentukan di SMP Negeri 3 Randangan Satap yaitu 75 telah terlampaui, maka hipotesis tindakan diterima, artinya penerapan model examples non examples pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Randangan Satap Kabupaten Pohuwato Tahun Ajaran 2013/2014. Terdapat peningkatan aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran PKn dengan penerapan pembelajaran kooperatif model examples non examples. Respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran examples non examples positif. Kata kunci : Examples Non Examples, hasil belajar, Pendidikan Kewarganegaraan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011