ESSAY

Writer / NIM
WASTI AGUSTINUS MANUDA / 221411172
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Prof. WELLY PANGAYOW, M.Si., Ph.D / 0010025005
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
Wasti Agustinus Manuda 221 411 172. Dengan Skipsi Berjudul "Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran PKn. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, dengan permasalahan yang diteliti adalah masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Untuk itu pemecahan masalahnya, adalah guru. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan, guru berupaya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diharapkan berdampak pada peningkatan hasil belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 3 Randangan kabupaten Pohuwato pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi atau pengamatan kegiatan belajar mengajar, lembar aktivitas belajar dan tes hasil belajar siswa setelah siswa menerima materi pelajaran. Adapun subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Randangan yang berjumlah 24 orang yang terdiri atas 11 laki-laki dan 13 orang perempuan, yang dilaksanakan pada bulan Oktober samapai dengan bulan Desember 2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, pada siklus 1 ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 66,67% sedangkan pada siklus 2 meningkat mencapai 95,83% . Setelah melihat dari hasil tindakan tersebut maka model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang digunakan pada penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Randangan. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011