ESSAY

Writer / NIM
NURHAYATI UTINA / 221412010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IX3 SMP Negeri 1 Tilango pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ? Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa Kelas IX3 SMP Negeri 1 Tilango. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang di ajarkan khususnya mata pelajaran PPKn. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah Creative Problem Solving. Pada penelitian ini, hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mempunyai presentase 33% atau 7 siswa yang tuntas pada mata pelajaran PPKn dari 21 siswa. Setelah dilakukan pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya tetapi belum mencapai indikator ketuntasan minimal, pada pertemuan kedua mendapatkan 60% atau 13 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan dari 21 siswa dan setelah dilakukan pertemuan ketiga maka standar ketuntasan hasil belajar siswa telah tercapai yakni 87% atau 18 siswa tuntas dalam pembelajaran dan mendapatkan hasil yang sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Creative Problem Solving.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011