ESSAY

Writer / NIM
NURSIA GOBEL / 221412022
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK NURSIA GOBEL, 2018.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning di Kelas VIII-1SMP Negeri 1 Tilango Kabupaten Gorontalo. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs, Revoltje O.W Kaunang, M.Pd, dan Pembimbing II Rasid Yunus, S.Pd,.M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengetahui sejauh mana hasil belajar siswadengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning di kelas VIII-1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakanMetode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan pembelajaranMastery Learning. Dalam hal ini penelitian dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi 1) Lembar Hasil Pengamatan Aktivitas Guru 2) Lembar Hasil Pengamatan siswa selama mengikuti pembelajara 3) data hasil belajar siswa pada setiap pembelajaran. Analisis data dilakukan untuk pengujian hipotesis tindakan, bertahap dan berkesinambungan pada setiap akhir siklus. Baik dari aktivitas guru dalam memberikan materi melalui pendekatan pembelajaran Mastery Learning serta aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam menggunakan pendekatan pembelajaran Mastery Learning. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siklus I pertemuan I siswa yang tuntas mencapai 39% atau sebanyak 9 orang siswa artinya masih ada 14 orang siswa atau 61% yang belum mencapai kriteria ketuntasan kemudian untuk perbaikan siklus I pertemuan I maka diadakan siklus I pertemuan II , hasil yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan II adalah siswa yang mendapatkan kriteria ketuntasan sebanyak 14 orang atau 61% dan siswa yang belum tuntas sebnyak 9 orang atau 39% karena masih terdapat 9 orang siswa yang belum tuntas maka dilanjutkan siklus I pertemuan III . Jadi dapat disimpulkan Bahwa dengan diadakan siklus I pertemuan III sebagai perbaikan dari siklus I pertemuan II maka hasilnya meningkat yaitu sebanyak 91 % atau 21 orang yang memilki nilai yang sangat baik dari 23 siswa dikelas VIII1. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan Pendekatan Pembelajran Mastery Learningapabila diterapkan dengan baikmaka dapat meningkatkan hasil belajar siswa terutama di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Tilango Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, PPKn, Pendekatan Pembelajaran Mastery Learning
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011