ESSAY

Writer / NIM
YOLANDA ALI / 221412027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK YOLANDA ALI, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Model Word Square Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi. Pembimbing I : Asmun W. Wantu, S. Pd, M. Sc, Pembimbing II : Rasid Yunus, S. Pd, M. Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Word Square di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat perkembangan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Secara jelas dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian Sangat Baik (SB), Baik (B), Cukup (C), dan Kurang (K) yakni Pertemuan I : Jumlah siswa 21 orang terdiri dari laki " laki 10 orang dan perempuan 11 orang hasil lembar kegiatan guru yakni : (71%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B).Lembar observasi kegiatan siswa 2 aspek (43%) kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 9 0rang (43%). Pertemuan II : Jumlah siswa 21 orang terdiri dari laki " laki 10 orang dan perempuan 11 orang. Hasil observasi kegiatan guru yakni : 14 (100%) pada kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) , lembar observasi kegiatan siswa 1 (80%) pada kriteria sangat baik (SB), dan hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 ada 20 orang (88%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIII SMP Negeri 04 SATAP Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Word Square
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011