ESSAY

Writer / NIM
EFRIANSYAH A. K. MOLAHER / 221412030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK EFRIANSYAH A.K. MOLAHER, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Number Head Together di Kelas VII-A SMP Negeri 3Gorontalo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I :Hj. Maisarah Sunge, SH, MH Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together di kelas VII-A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Number Head Together. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VII-A sebanyak 11 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 59 %, kemudian setelah diadakan perbaikan pada pertemuan kedua hasilnya meningkat menjadi 82 % dari 22 orang jumlah siswa di kelas VIIA. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VIIA SMP Negeri 3 Gorontalo Kecamatan Kota Tengah Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : HasilBelajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pembelajaran. Number Head Together
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011