ESSAY

Writer / NIM
DEDIYANTO HANGKIHO / 221412033
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Dediyanto Hangkiho. 221 412 033, 2019. ..."Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teileren Method DI Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kaidipang. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Di Bawa Bimbingan Ibu Hj, Maisara Sunge, SH,MH Selaku Dosen Pembinbing 1 Dan Ibu Asmun W. Wantu, SPd.M.Sc Selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan Aktivitas belajar sisiwa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 1 Kaidipang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Teileren Method Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar sisiwa yang diperoleh nilai minimal 75 atau dikatakan tuntas 9 orang siswa atau di persen hanya 30% setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 25 orang siswa atau 83,33% dan ini dinyatakan tuntas. Dari hasil penelitian tersebut bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Teileren Methoddapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sangat baik dengan perolehan nilai mencapai aktivitas belajar siswa dalam kelas 83,33%. dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Teileren Methodtelah berhasil meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan. Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Model Pembelajaran, Teileren Method
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011