ESSAY

Writer / NIM
ARIYANTO NGGILU / 221412034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK ARIYANTO NGGILU, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I : Asmun W. Wantu, S.Pd.,M.Sc. Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Time Token di kelas VIII-I Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Time Token. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam satu siklus selama dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-I yang berjumlah 35 orang terdiri dari laki-laki 16 orang siswa dan perempuan 19 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama yaitu hasil belajar siswa mencapai 65,72% dan pada pertemuan kedua hasil belajar siswa meningkat menjadi 80.00%. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Time Token maka hasil belajar siswa akan meningkat khususnya di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Gorontalo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Pembelajaran Time Token.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011