ESSAY

Writer / NIM
RESTRIA PAPUTUNGAN / 221412037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
PENERAPAN ACTIVE LEARNING GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII3 DI SMP NEGERI 1 TILANGO ABSTRAK RestriaPaputungan (Dhea) NIM 221 412 037. Penerapan active learning guna mening meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII3 di SMPN 1 Tilango. Skripsi. Program PendidikanPendidkan PancasiladanKewarganegaraan. JurusanStudiIlmuHukumdanKemasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo.2016 dibawah Bimbingan Asmun W. Wantu, S.Pd,.M. ScdanRasidYunus, S.Pd,.M.Pd. Penelitianini di latar belakangi oleh masalah kurangnya motivasi belajarsiswa di kelas VIII3 SMPN 1 Tilango. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Active Learning denganmenggunakanMetode Student Created Case Study. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, ditemukan beberapa hal yaitu : Padasiklus 1 pertemuan 1 berdasarkan hasil pengamatan ditemukan masih terdapat beberapa siswa yang belum mencapai KKN dari jumlah siswa 23 orang. Hasil yang temukan pada siklus 1 pertemuan 1 menunjukan hawa siswa belum memahami betul materi yang di ajarkan, masih terdapat beberapa siswa yang belum memahami model pembelajaran yang di terapkan. Hasil evaluasi proses dan hasil tindakan pada Siklus 1 pertemuan 2 ditemukan dengan menggunakan model pembelajran active learning terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini dapat di lihat dari: siswa sudah lebih siap sebelum pembelajaran berlangsung, antusiasme siswa meningkat saat pembelajarn berlangsung, partisipasi siswa meningkat. Kesimpulan dan saran : Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning MampuMeningkatkan Motivasi Belajar siswa Kata Kunci : Model Ac tive Learning, MotivasiBelajarsiswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011