ESSAY

Writer / NIM
FAISAL MAMONTO / 221412052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Faisal Mamonto. 221 412 052. Skripsi. âPerilaku Bullying Teman Sebaya Pada Siswa Kelas IX SMP Cokroaminoto Kotamobagu â. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Hj. Maisara Sunge, SH, MHdan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. 2018 Penelitian ini dilaksanakan di SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku bullying teman sebaya dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku bullying teman sebaya pada siswa kelas IX SMP Cokroaminoto Kotamobagu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Peneliti mengambil data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah peserta didik yang pernah menjadi pelaku dan korban bullying. Kepala Sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Pembina Osis, dan Wali Kelas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitan menunjukan bahwa: (1) bentuk-bentuk bullying di SMP Cokroaminoto (a) bullying Fisik; memukul, menendang, mendorong, (b) bullying verbal: Mengolok-olok, mengejek, mengancam, dan (c) bullying cyber/elektronik mempermalukan menggunakan media sosial. (2) Faktor penyebab terjadinya bullying: (a) Faktor keluarga menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying di kalangan peserta didik, karena keluarga yang kurang harmonis, tidak utuh (orang tua meninggal atau bercerai), proses sosialisasi tidak sempurna dari keluarganya, komunikasi yang tidak lancar antara orang tua dan anak, serta pola asuh yang tidak adil. (b) Faktor teman sebaya menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying dikalangan peserta didik, karena tingginya intensitas komunikasi antar teman sebaya yang memungkinkan peserta didik ini terhasut oleh teman-temannya yang berorientasi negatif, adanya faktor ingin diakui oleh anggota teman kelompok sebayanya, menjaga eksistensi kelompoknya dimata peserta didik lainnya. (c) Faktor media massa menjadi penyebab timbulnya perilaku bullying dikalangan peserta didik, karena adanya penyalahgunaan media sosial sebagai media untuk melalukan bully. Penelitian ini berhasil menyimpulkan bahwa perilaku bullying adalah bentuk tindakan atau perilaku negatif peserta didik. Faktor yang mempengaruhi perilaku bullying adalah Faktor keluarga, faktor teman sebaya dan faktor media massa. Kata Kunci : PerilakuBullying, Peserta didik.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011