ESSAY

Writer / NIM
FIRMANSYAH ABDULLAH / 221412055
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Firmansyah Abdullah 221 412 055. âMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Kelas X1 Sma Negeri 4 Gorontalo Utaraâ Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewaganegaraan melalui penerapan model pembelajaran Debat di kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Debat. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C) dan kurang (K) yaitu pertemuan 1 : jumlah siswa 23 orang, laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 2 (10,5%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak (42,9%). Pertemuan 2 jumlah siswa 23 orang , laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 13 (67,11%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak (91,1%). Pertemuan 3 : jumlah siswa 23 orang , laki-laki 13 orang dan perempuan 10 orang hasil lembar observasi aktivitas guru dari 19 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 19 (100%), pada lembar pengamatan aktivitas siswa dari 3 aspek yang mencapai kriteria sangat baik (SB) dan baik (B) kemampuan (100%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Debat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya di Kelas X1 SMA Negeri 4 Gorut. Kata Kunci : Model Pembelajaran Debat dan Motivasi Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011