ESSAY

Writer / NIM
NUR'AIN FAJARWATI DAWANGI / 221412064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. JUSDIN PULUHULAWA, SH, M.Si / 0010106011
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni bagaimanakah kinerja aparatur sumber daya manusia dalam pelayanan E-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dan kaitannya terhadap prose pemberian pelayanan publik yang baik. Serta kendala yang dihadapi termasuk strategi aparat sumber daya manusia untuk meminimalisir kendala yang ada di Kecamatan Kota Timur Kota gorontalo Penelitian ini dilakukan tidak lain bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja aparatur sumber daya manusia dalam pemberian pelayanan- EKTP. Melalui proses yang dilaksanakan dan program yang mendukung terciptanya pelayanan publik yang prima. Selain itu menganalisis kendala yang dihadapi oleh aparat meliputi penggunaan sumber daya tambahan dan juga sumber daya manusia itu sendiri. Pengaruhnya kekuatan dan kelemahan yang dimiliki sumber daya manusia baik internal maupun internal terhadad kualitas kinerja aparatur sumber daya manusia sebagai pelaksana pelayanan publik. Utamanya pada pembuatan E-KTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja Aparatur Sumber Daya Manusia dalam Pelayanan E-KTP di Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo pada proses awalnya telah sesuai dengan prosedur pembuatan E-KTP melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor No 09 Tahun 2011 tentang Pelayanan Pembuatan E-KTP atau KTP-Elektronik. Pada pelaksanaannya tidak dapat dipungkiri adanya kendala teknis yang menjadi penghambat seperti yang ditemui di lapangan tentang kurangnya daya listrik di Kecamatan dan alat perekaman data Iris yang pada penggunaannya kadang mengalami error. Selain itu perlu diperhitungkan juga apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan internal maupun eksternalnya terhadap kualitas kinerja diantaranya kemampuan, tingkat pekerjaan yang dilakukan, kenyamanan kerja, perhatian pimpinan serta dukungan masyarakat. Inilah yang menjadi tolak ukur terwujudnya apa yang menjadi prinsip dan tujuan pelayanan publik. Kata Kunci : Kinerja Aparatur Sumber daya manusia, Pelayanan E-KTP
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011