ESSAY

Writer / NIM
RAMLA J. MORIDU / 221412069
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Ramla Moridu. 2017, 221 412 069 Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Learning Journals Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku pembimbing I dan bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman belajar siswa tentang materi ajar. Model yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Learning Journals atau jurnal belajar sesuai materi ajar. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Paguyaman Pantai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama menghasilkan nilai dengan presentase 38,09% atau 8 siswa yang sudah paham dalam proses pembelajaran dari jumlah keseluruhan 21 siswa. Dalam siklus I pertemuan pertama ini masih terhitung rendah karena hanya sebagiannya saja yang paham terhadap materi ajar. Maka dari itu, dilanjutkan ke siklus II pertemuan kedua dengan tujuan agar keseluruhan siswa paham terhadap materi pelajaran. Siklus II pertemuan kedua ini mempunyai presentase yang mengalami peningkatan yaitu 95,23% atau 20 siswa dari jumlah keseluruhan 21 siswa yang terbilang sudah mengalami peningkatan pemahaman belajar. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Learning Journals telah tercapai dan mengalami peningkatan yang baik. Kata Kunci: Pemahaman Belajar,Model Learning Journals
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011