ESSAY

Writer / NIM
PARLAWANTO MOHAMAD / 221412074
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK PARLAWANTO MOHAMAD, 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Group Investigation di Kelas VII-2 SMP Negeri 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pembimbing I : Drs. Revoltje O. W. Kaunang, M.Pd, Pembimbing II : Rasid Yunus, S. Pd, M. Pd. Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Negeri Gorontalo Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation di kelas VII-2 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas VII-2 sebanyak 15 laki-laki dan 8 perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 69 %, dan pertemuan kedua 74% kemudian setelah diadakan perbaikan pada pertemuan ketiga hasilnya meningkat menjadi 83 % dari 23 orang jumlah siswa di kelas VII-2. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di kelas VII-2 SMP Negeri 2 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Model Group Investigation
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011