ESSAY

Writer / NIM
IRHAM IDRUS / 221413008
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Advisor 2 / NIDN
Dr. UDIN HAMIM, S.Pd, SH, M.Si / 0014087603
Abstract
ABSTRAK IRHAM IDRUS. 2017. ..."Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chip Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas £-VIII£-^1 MTS Al-Khairaat Dulupi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negri Gorontalo. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PPKn di Kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi di Kabupaten Boalemo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitan ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis dan praktis. Adapun subjek penelitian tindakan kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi ini adalah 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 76% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 14 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 64% dari ketuntasan yang telah ditetapkan dan pada siklus I pertemmuan II terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 82% . Hasil Pengamatan guru didaam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Chip menunjukan bahwa di kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran siklus I pertemuan I mencapai 67% dan pada pertemuan II mencapai 86%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaraan Kooperatif Tipe Talking Chip dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII^1di MTs Al-Khairaat Dulupi. Kata Kunci : Hasil Belajar, model pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chip.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011