ESSAY

Writer / NIM
DELSY KIAYI / 221413015
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
ABSTRSAK DELSY KIAYI. 2019. âPenerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dengan menggunakan metode debat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajarakn Pendidikan Kewarganegaraan di kelas X jurusan Tenik Komputer Jaringan SMK Negeri I Suwawaâ. Skripsi .Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata PKn di Kelas X jurusan Teknik Komputer jaringan SMK Negeri I Suwawa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture dan metode debat. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan peneliti. Adapun subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelas X jurusan Tekni Komputer Jaringan SMK Negeri I Suwawa yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Jumlah yang menjadi subjek tindakan kelas sebanyak 39 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Mininum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa.Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 27 Siswa yang mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 70% dari ketuntasan yang telah ditetapkan pada siklus I pertemuan II terdapat 36 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 92%. hasil pengamatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan gabungan model picture and picture dan metode debat menunjukan bahwa di kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri I Suwawa kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mencapai 45.46% dan pada pertemuan II mencapai 72.72%. Siswa dalam proses pembelajaran penerapan model pembelajaran picture and picture dengan menggunakan metode debat pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 2,8 (baik) dan pada siklus I pertemuan kedua memperoleh skor 3,7 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gabungan model picture and picture dan metode debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas X jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri I Suwawa. Kata kunci :Hasil belajar, model picture and picture, danmetode debat.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011