ESSAY

Writer / NIM
WINDRIYANI TOMA / 221413032
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK WINDRIYANI TOMA 221 413 032, 2017.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan Model Pembelajaran Tebak Pelajaran di Kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pulubala.Tugas Akhir Skripsi.jurusan ilmu hukum dan kemasyarakatan,Fakultas ilmu social.Pembimbing I:Asmun W. Wantu,S.Pd.,M.Sc .Pembimbing II : Rasid Yunus, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 3 kali pertemuan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pulubala.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 2 Pulubala dengan jumlah 24 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes.Teknik pengolahan data dan alisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa.Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 15 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 62% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 19 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 79% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. dan pada pada siklus 1 pertemuan 3 terdapat 22 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 92%. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan menerapkan model pembelajaran Tebak Pelajaran menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 70% pada pertemuan 2 mencapai 80%.dan pada pertemuan 3 mencapai 90%. Keaktifan Siswa dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Tebak Pelajaran pada siklus I pertemuan I siswa memperoleh presentase 70% (cukup) siklus I pertemuan II memperoleh presentase 80% (baik) dan pada pertemuan 3 memperoleh prentase 90% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Tebak Pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIC SMPN 2 Pulubala Kabupaten Gorontalo. Kata kunci :Hasil Belajar, Tebak Pelajaran.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011