ESSAY

Writer / NIM
ISMAIL IBRAHIM / 221413038
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Ismail Ibrahim 2020. Meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui media aplikasi Zoom pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di kelas VII Sekolah Menegah Pertama Negeri 2 Mootilango, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa melalui media aplikasi Zoom pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan media aplikasi Zoom. Dapat dilihat pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pengamatan aktifitas guru dan lembar pengamatan aktifitas siswa selama proses belajar mengajar dengan kriteria penilaian sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), dan kurang (K) yaitu pertemuan 1: Jumlah siswa 28 orang, laki-laki 15 orang dan perempuan 13 orang. Hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 22%, pada pengamtan aktifitas siswa dari 4 aspek yang mencapai kriteria penilaian tersebut kategori "merepon penjelasan guru "hanya mencapai 15 orang siswa (54%), kemudian kategori "kemampuan dalam bertanya mencapai 14 orang siswa (50%), selanjutnya kategori "disiplin dan bertanggung jawab mencapai 11 orang siswa (39%), dan kategori "mampu menarik kesimpulan mencapai 8 orang siswa (29%).. Pertemuan 2: Hasil pengamatan aktifitas guru dari 18 aspek yang mencapai criteria sangat baik (SB) dan baik (B) sebanyak 89%. Pada hasil pengamatan aktifitas siswa dari 4 aspek yang mencapai kriteria penilaian tersebut kategori "merepon penjelasan guru " mencapai 28 orang siswa (80%), kemudian kategori "kemampuan dalam bertanya mencapai 25 orang siswa (89%), selanjutnya kategori "disiplin dan bertanggung jawab mencapai 23 orang siswa (82%), dan kategori "mampu menarik kesimpulan mencapai 23 orang siswa (82%). Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan media aplikasi Zoom dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya di Kelas VII SMP Negeri 2 Mootilango. Kata Kunci: Aktiviras Belajar, Media Aplikasi Zoom.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011