ESSAY

Writer / NIM
FITMAN ANDILAS / 221413050
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
Fitman Andilas. 221413050. "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalaui Strategi Pembelajaran Mastery Learning (Belajar Tuntas ) Di Kelas Viiia Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Kota Gorontalo''. Tugas akhir skripsi. Jurusan Ilmu Hukum Kemasyarakatan , Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing 1. Dr.Hj.Zulaecha Ngiu, M.Pd dan pembimbing 2. Asmun W.Wantu, S.Pd,M.Sc. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 1 siklus 2 kali pertemuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo . Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 16 Kota Gorontalo dengan jumlah 24 siswa yang terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75, dan indikator ketuntasan klasikal adalah 85% dari jumlah siswa. Berdasarkan KKM yang ditetapkan, maka hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan I terdapat 18 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari ketuntasan yang telah ditetapkan, pada siklus I pertemuan II terdapat 22 siswa yang nilai mencapai KKM dan ketuntasan klasikal kelas adalah 91,67% dari ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan. Hasil pengamatan kegiatan guru didalam kelas pada siklus I pertemuan I dengan melalui startegi pembelajaran Mastery learning (belajar tuntas) menunjukan bahwa kemampuan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran mencapai 66,67% dan pada pertemuan 2 mencapai 93,33%. Siswa dalam proses pembelajaran dengan melalui strategi pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mastery learning (belajar tuntas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIIIA SMPN 16 Kota Gorontalo. Kata kunci : Hasil Belajar, Strategi Mastery Learning (Belajar Tuntas)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011