ESSAY

Writer / NIM
PRATIWI MANANGIN / 221413071
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK Pratiwi Manangin. 221 413 071. 2017. Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Probing-Prompting Di Kelas VIII3 SMP Negeri 6 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc selaku Dosen Pembimbing II. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa di kelas VIII3 SMP Negeri 6 Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Prompting, dan memperoleh hasil dengan kriteria sangat paham memperoleh presentase 23,4 % atau sebanyak 7 orang siswa, dalam kriteria paham memperoleh presentase 53,3 % atau sebanyak 16 orang siswa, dalam kriteria cukup paham memperoleh presentase 20 % atau sebanyak 6 orang siswa, kemudian dalam kriteria kurang paham memperoleh presentase 3,3 % atau 1 orang saja Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Probing-Prompting telah berhasil meningkatkan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting dapat diterapkan khususnya pada guru kelas VIII SMP Negeri 6 Gorontalo pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran, Probing-Prompting
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011