ESSAY

Writer / NIM
LEDIS UMAR / 221414009
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstract
KINERJA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DIBIDANG PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR (Studi Kasus di Desa Kotajin Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara) Ledis Umar , Roni Lukum , Lucyana Djafar Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Gorontalo ABSTRAK Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena inti dalam penelitian ini menggambarkan bagaimana kinerja badan permusyawaratan desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan infarastruktur di desa kotajin Kec. Atinggola Kab. Gorontalo Utara maka dalam penelitian ini di gunakan teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara, Observasi, dokumentasi, serta pengamatan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa badan permusyawaratdesa (BPD) agar lebih mengoptimalkan lagi dalam melibatkan masayarakt di Desa Kotajin dalam pengambilan kemputusan pembanguan infrastruktur demi kebutuhanmasyarakat Kotajin Kecamatan Atinggola KabupatenGorontalo Utara. Bagimasyaraka agar kiranya lebih aktif lagi dalam memebrikan kontribusi dalam pengambilan keputusan bersama untuk pengambilan keputusan pembangunan in frastruktur di DesaKotajinKecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Bagi kepala DesaKotajin agar lebih memperhatikan anggota BPD dalam menjalan tugas dan fungsi nyauntu k pembangunan infrastruktur di Desa Kotajin Kecamatan Atinggola KabupatenGorontalo Utara belum terlihat optimal. Kata kunci: Badan Permusyawaratan Desa (DPD, Partisipasi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011