ESSAY

Writer / NIM
NINING TAHIR / 221414010
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK NINING, Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran PKn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Di Kelas X IPA-3 SMA Negeri1 Telaga. Pembimbing I Hj. Maisara Sunge SH.MH dan Pembimbing II Asmun W. Wantu S.Pd, M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran PKn melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write di kelas X IPA-3 SMA Negeri 1 Telaga. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA-3 tahun pelajaran 2017/2018 SMA Negeri 1 Telaga. Kabupaten Gorontalo Kelas X IPA -3 terdiri dari 29 siswa, 12 putra dan 17 putri Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) Model pembelajaran Think Talk Write adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn karena bisa meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas X IPA-3 SMA Negeri I Telaga Kabupaten Gorontalo, 2) Tingkat pemahaman siswa yang dilihat dari hasil ulangan harian siswa mengalami peningkatan dibandingkan pada pertemuan I. Hasil belajar yang diperoleh dari pertemuan I sebesar 55.17% meningkat menjadi 93.01% pertemuan ke III, 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan, terdapat hasil pemahaman belajar siswa yang meningkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write dapat diterima Kata Kunci : Model Pembelajaran TTW dan Pemahaman Siswa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011