ESSAY

Writer / NIM
CINDRA GIASI / 221414081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK CINDRA GIASI, 221 414 081, 2018. Menigkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa Kabupaten Puhuwato. Skripsi. Jurusan Ilmu hokum dan kemasyarakatan, Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj, Zulaecha Ngiu M.Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas, Metode yang di gunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode pembelajaran Diskusi Buzz. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi teknik pengelolaan dan analisis data yaitu menggunakan metode pembelajaran Diskusi Buzz yang di laksanakan dengan 1 siklus 2x pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis yang di peroleh dari siklus 1 pertemuan pertama siswa yang tuntas mencapai 66,67%, kemudian setelah di adakan perbaikan pada pertemuan kedua hasilnya menigkat menjadi 86% dari 30 orang jumlah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa. Adapun kesimpulan peneltian ini yaitu dengan menggunakan metode Diskusi Buzz Group yakni dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa khususnya di kelas VIIIB SMP Negeri 3 Duhiadaa Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Kata Kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Metode Diskusi Buzz Group.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011