ESSAY

Writer / NIM
HERLINA T. ULAMA / 221414087
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK HERLINA T. ULAMA Nim. 221 414 087. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas Ix Smp Negeri 5 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan, Prodi PKn, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr.Hj.Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd M.Sc, selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya mata pelajaran PKn di kelas IXB SMP NEGERI 5 Gorontalo. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dimana dalam hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PKn yakni dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), dari hasil penelitian tindakan ini ditemukan bahwa hasil belajar siswa masih rendah pada siklus I pertemuan I, setelah diadakan perbaikan dari pada siklus I pertemuan II maka hasil yang diperoleh pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 83%, ini berarti penelitian penulis telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas IXB SMP Negeri 5 Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning (PBL)
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011