ESSAY

Writer / NIM
SUSAN R. AKUMALI / 221414094
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Hj. MAISARA SUNGE, SH., MH / 0007085605
Advisor 2 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Abstract
ABSTRAK SUSAN R. AKUMALI. NIM 221 414 094. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan PBL (Problem Based Learning) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Pembimbing I Dr. Lucyane Djaafar MPa dan Pembimbing II Hj. Maisara Sunge SH.MH Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme Kabupaten Gorontalo. penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme kelas VIII. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) model pembelajaran koperatif tipe STAD dan PBL adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn terpadu karena bisa meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme Kabupaten Gorontalo. 2) Capaian hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 pertemuan I sebesar 58.82% dan setelah dilakukan perubahan sama pada pertemuan II tentang proses pembelajaran maka ditemukan hasil belajar siswa itu meningkat menjadi 88.24%. 3) Hipotesis penelitian yang mengatakan, "terdapat hasil belajar siswa yang meningkat dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan PBL" dapat diterima Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajara kooperatif tipe STAD dan PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya dikelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme. Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD dan PBL dan Hasil Belajar PKn
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011