ESSAY

Writer / NIM
ETY MAMONTO / 221414097
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. LUCYANE DJAFAAR, M.Pa / 0006116804
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK ETY MAMONTO, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewrganegaraan Kelas VII SMP 3 Satu Atap Bongomeme. Pembimbing I Ibu Dr. Dra. Hj. Lucyane Djaafar, SH.M.Pa. dan Pembimbing II : Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme. . Populasi penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Satu Atap Bongomeme kelas VII.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, serta dokumentasi. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanan tindakan, serta refleksi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan aktivitas siswa yang diberikan kepada guru sejawat sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa diukur melalui data secara deskriptif dengan menggunakan analisis prosentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ; 1) jumlah siswa yang memperoleh nilai minimal 75 meningkat dimana pada awal Observasi observasi awal yang hanya 64.70 % meningkat menjadi 73.53 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 94.12%. 2) Hasil pengamatan kegiatan guru yang termasuk pada kriteria sangat baik dan baik meningkat dari 62.50% pada pelaksanaan siklus I menjadi 90.28% pada pelaksanaan siklus II, dan 3) hasil pengamatan aktivitas siswa yang termasuk dalam kriteria sangat baik dan baik meningat dari 58.33 % pada pelaksanaan siklus I menjadi 91.67% pada pelaksanaan siklus II. Kata Kunci : Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Hasil Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011