ESSAY

Writer / NIM
ANDI WIRDAYANTI / 221415014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Drs. REVOLTJE O W KAUNANG, M.Pd / 0013106009
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Andi Wirdayanti 2019. Penerapan Model Pembelajaran Self-Directed Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo, Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Drs. Revoltje O.W. Kaunang, M.Pd dan Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Self-Directed Learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, tes. Teknik pengelolaan atau analisis data yaitu menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar siswa terhadap pelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning. Dapat dilihat pada siklus 1 pertemuan 1: jumlah siswa 32 orang, laki-laki 17 orang dan perempuan 15 orang, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 20 orang atau 63%. Sedangkan siklus 1 Pertemuan 2: jumlah siswa 32 orang, laki-laki 17 orang dan perempuan 15 orang, dari hasil evaluasi siswa yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 26 orang atau 81%. Jadi peningkatan hasil belajar siswa dari pertemuan 1 ke pertemuan ke 2 yaitu meningkat 18%. Adapun kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Self-Directed Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya di Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Gorontalo. Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Self-Directed Learning.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011