ESSAY

Writer / NIM
ABD. RAHMAN DJIBU / 221415034
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
RONI LUKUM, S.Pd., M.Sc / 0023037308
Abstract
ABSTRAK Abd. Rahman Djibu. 221415034 2019. "Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Botupingge. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Bapak Roni Lukum, S.Pd, M.Sc selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Botupingge. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa diperoleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 9 orang siswa atau 32, 15%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 meningkat menjadi 23 orang siswa atau 82, 15% dan ini sudah dinyatakan tuntas. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Botupingge. Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Model Pembelajaran Reciprocal Teaching.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011