ESSAY

Writer / NIM
HAMDAN HAMID / 221415052
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Advisor 2 / NIDN
RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Hamdan Hamid 2019. "Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Brainstorming dan Buzz Group Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas XI-1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Telaga". Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan,Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas IX-1SMP Negeri 1 Telaga. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dengan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi langsung kepada Guru mata Pelajaran dan melakukan evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Kemudian data hasil analisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitattif Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 12 orang siswa atau 40%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 18 orang siswa atau 83,33%. dan ini sudah dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Brainstormingdan Buzz Group dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas IX-1SMP Negeri 1 Telaga . Kata Kunci : Aktivitas Belajar PPKn, Metode Pembelajaran Brainstorming dan Buzz Group
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011