ESSAY

Writer / NIM
JURIATI PONETA / 221415055
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
Dr. RASID YUNUS, S.Pd, M.Pd / 0024028401
Abstract
ABSTRAK Juriati Poneta. NIM 221415055, Judul Skripsi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary) Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IX1 di SMP Negeri 8 Limboto. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Bapak Rasid Yunus, S.Pd, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) melalui penerapan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary). Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru, serta hasil evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan I siklus dengan II kali pertemuan, dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 75, dan indikator ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan uraian di atas maka pada pembelajaran siklus pertemuan I dari sejumlah 25 orang siswa telah mengalami peningkatan. Siswa yang mempeoleh ketuntuasan nilai yaitu ada 10 siswa atau 40% dan pertemuan II yang memperoleh ketuntasan nilai siswa ada 23 siswa atau 92% . Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exrise, Summary), hasil belajar siswa dengan materi tentang Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa di kelas IX1 Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Limboto Meningkat Kata Kunci: Pembelajaran, Model Ropes
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011