ESSAY

Writer / NIM
SARINI YUSUP / 221415064
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
ASMUN W WANTU, S.Pd, M.Sc / 0012077803
Abstract
ABSTRAK SARINI YUSUP 2019."Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Melalui Metode Pembelajaran Learning Start With A Question Di Kelas VII3 Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tapa . Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I dan Asmun W. Wantu, S.Pd, M.Sc Selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan aktivitas belajar siswa tentang materi yang diajarkan khususnya pada mata pelajaran PPKn di kelas VII3 SMP Negeri 1 Tapa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Learning Start With A Question dimana hal ini penulis menggambarkan kegiatan atau aktivitas pembelajaran PPKn yakni dengan menggunakan metode pembelajaran Learning Start With A Question. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan yakni pada siklus 1 pertemuan 1 rata-rata hasil belajar siswa di peroleh yakni yang memperoleh nilai minimal 75 atau tuntas adalah 14 orang siswa atau 43,75%. Setelah diadakan perbaikan pada siklus 1 pertemuan 2 Meningkat menjadi 29 orang siswa atau 90,62%. dan ini sudah dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat simpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Start With A Question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan di Kelas VII3 SMP Negeri 1 Tapa . Kata Kunci: Aktivitas Belajar PPKn, Metode Pembelajaran Learning Start With A Question.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011