ESSAY

Writer / NIM
LUSIANA BOTU / 221415075
Study Program
S1 - PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
Advisor 1 / NIDN
Dr. Hj. ZULAECHA NGIU, M.Pd / 0009056707
Advisor 2 / NIDN
Dr. H. SUKARMAN KAMULI, M.Si / 0006066707
Abstract
ABSTRAK Lusiana Botu. 2022, Ã���Ã..."Persepsi Guru Pendidikan Kewarganegaraan Tentang Efektivitas Pembelajaran terhadap Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 LimbotoÃ���Ã�.Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Zulaecha Ngiu, M.Pd, selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. Sukarman Kamuli, M.Si selaku dosen pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk melihat suatu pendapat guru Pendidikan Kewarganegaraan tentang efektivitas pembelajaran terhadap pendidikan karakter di SMP Negeri 1 Limboto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif dengan sampel sebagian guru Pendidikan Kewarganegaraan yang ada di SMP Negeri 1 Limboto. Dari segi persepsi tentang efektifitas pembelajaran sudah dilakukan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dari pendahuluan, inti kegiatan dan penutup pembelajaran. Pembelajaran terjadi dua kali pergantian metode pembelajaran, yaitu daring dan tatap muka terbatas. Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran yaitu bersumber ketersediaan jaringan internet bagi siswa, sulitnya mengontrol siswa, pembelajaran sifatnya teori yang memberikan efek satu arah, kurangnya kesiapan siswa dalam pembelajaran dan lingkungan keluarga dan masyarakat yang kondusif. Selain itu faktor yang mempenaruhi pendidikan karakter juga dari dalam diri siswa, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam menentukan karakter siswa di SMP Negeri 1 Limboto belum dapat dikatakan efektif. Dilihat dari segi afektif sehari-hari. Kata Kunci: Persepsi, Pembelajaran, Efektivitas, Karakter
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011